• -- MAJULAH SEKOLAHKU --

  • Kata Mutiara

    Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini - Malcolm-X
  • PPDB 2015July 2nd, 2015
    Penerimaan Peserta Didik Baru 2015 (2-8 Juli 2015)
  • Postingan Baru

  • Stop Pornografi

  • Arsip Tulisan

  • Follow Tweeter

Transformasi Kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013

Bicara tentang kurikulum memang rumit, terlebih bagaimana mengimplementasikan kurikulum di semua satuan kerja/sekolah oleh kepala sekolah dan guru. Sudah banyak kita melalui berbagai macam kurikulum, semisal; 1994, Kurikulum 1999, CBSA, KBK, KTSP dan sekarang Kurikulum 2013. Muatan kurikulum meliputi sejumlah mata pelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan. Dalam Kurikulum sekarang (KTSP), materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian dari muatan kurikulum. Misal, untuk kurikulum SMP dan MTs, terdiri dari 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri yang harus diberikan kepada peserta didik.
kurikulum
Pada Kurikulum 2013 nanti, ada perubahan mendasar dibanding kurikulum sekarang, yaitu antara lain :
1.      Untuk SD, mengurangi  jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 10 dapat dikurangi menjadi 6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
–          IPA menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia , Matematika, dll
–          IPS menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dll
–          Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
–          Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
2.      Untuk SD, menambah 4 jam pelajaran per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian
3.      Untuk SMP, meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 12 dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran:
–          TIK menjadi sarana pembelajaran yang terintegrasi pada semua mata pelajaran, tidak berdiri sendiri
–          Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya
–          Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran
4.      Untuk SMP, menambah 6 jam pelajaran per minggu sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses pembelajaran dan proses penilaian.
Untuk lebih jelas melihat perbedaan struktur kurikulum, dapat dilihat pada gambar berikut ini :
Struktur Kurikulum SMP:

struktur smp

Hmm… Nampaknya dari kebijakan ini dirasa banyak efek positif, namun juga akan menimbulkan efek negatif terutama bagi guru-guru IPA, IPS di SD dan TIK di SMP. Namun saya yakin akan ada implikasi positif bagi mereka. Semoga Indonesia semakin maju!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

catatan_pena

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya

Eduventor

Invent, Innovate, & Improve

Mymind

Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung

An-Nisaa`

Mencari Jejak Hujan Pada Episode Senja, Menjingga...

A

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....

oRiDo™ On wORds

jadikan blOg sebagai waRisan untuk anak-cucu :)

Lorong Edukasi

Be Inspirative Teacher

e-Newsletter Disdik

LEMBARAN BERITA DAN DISTRIBUSI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN

GURU HAUS ILMU

BLOG GURU INDONESIA

%d bloggers like this: