• -- MAJULAH SEKOLAHKU --

  • Kata Mutiara

    Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini - Malcolm-X
  • PPDB 2015July 2nd, 2015
    Penerimaan Peserta Didik Baru 2015 (2-8 Juli 2015)
  • Postingan Baru

  • Stop Pornografi

  • Arsip Tulisan

  • Follow Tweeter

Membuat Ranking Kelas dengan Excel 2010

Artikel kali ini saya ulas tentang cara meranking data. Hal ini bisa diaplikasikan pada data apapun termasuk meranking nilai raport siswa pada suatu kelas. Pada contoh ini saya buat sampel 10 siswa pada kelas 7A yang telah mengikuti pembelajaran selama 1 semester pada 15 mata pelajaran. Ketika semua nilai mapel direkap maka kita akan mengetahui jumlah nilai masing-masing siswa yang bisa dibuat perankingan otomatis menggunakan rumus excel (pada kasus ini saya pake Ms Office Excel 2010). Eitts… namun jangan kaget kalau ada rangking yang sama🙂 Oke lanjut..! Buat datanya dulu seperti berikut:

RAPORT

Pada data di atas, kolom antara kolom D dan T saya buat hidden (tersembunyi), karena memuat nilai-nilai 15 mapel yang ngga perlu saya tampilin. Perankingan saya letakkan di kolom U. Untuk meranking gunakan fungsi statistik RANK. Fungsi Rank adalah suatu fungsi untuk menentukan posisi atau ranking dari suatu bilangan yang terdapat dalam daftar atau sekelompok data.

Sintaks penulisannya sebagai berikut: =RANK.EQ(sel daerah data;jangkauan data)

Dari sintaks itu kita bisa tuliskan rumus fungsinya begini (penulisan diletakkan pada sel U7) =RANK.EQ(T7;$T$7:$T$16)

Sel daerah data adalah penamaan sel yang berisi jumlah nilai siswa, pada contoh itu misalnya sel T7, T8, dan ke bawah seterusnya. Pada penulisan rumus fungsi terdapat range kolom absolut yang ditulis dengan penandaan double $, seperti pada $T$7:$T$16 (maksudnya; alamat range dari sel T7 sampai sel T16 itu tidak akan berubah jika disalin atau didrag ke sel yang lainnya).

Untuk menulis rumus pada sel U8 ke bawah adalah dengan cara mendrag sel U7 ke bawah sampai sel U16. dari hasil drag kita langsung bisa mengetahui hasil perankingan siswa. Di data kolom U terlihat siswa dengan nama ARDI ATMAJA menempati ranking 1. Nah loh..terdapat 2 siswa dengan ranking yang sama yaitu: ANANDA dan APRISA yang sama-sama dapet ranking 2, padahal mestinya ranking ngga boleh dobel. Dalam kasus ini biasanya ada parameter khusus untuk menentukan siapa yang mendapat ranking 2. Parameter itu misalnya; dilihat dari absensi kehadiran (siapa yang sering ngga masuk karena Alpha?, karena Ijin?, dst). atau parameternya adalah dilihat dari Nilai mata pelajaran yang lebih tinggi, dimulai dari mapel Matematika, lalu IPA, lalu B. Inggris, lalu B. Indonesia. Dan mungkin tiap sekolah punya parameter tersendiri. Nah…dari parameter yang diterapin saya yakin pasti ada differensiasi yang otomatis kita dapat tentuin siapa yang rangking 2. Gitu….🙂

Met mencoba, moga berhasil kawan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

catatan_pena

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya

Eduventor

Invent, Innovate, & Improve

Mymind

Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung

An-Nisaa`

Mencari Jejak Hujan Pada Episode Senja, Menjingga...

A

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....

oRiDo™ On wORds

jadikan blOg sebagai waRisan untuk anak-cucu :)

Lorong Edukasi

Be Inspirative Teacher

e-Newsletter Disdik

LEMBARAN BERITA DAN DISTRIBUSI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN

GURU HAUS ILMU

BLOG GURU INDONESIA

%d bloggers like this: