• -- MAJULAH SEKOLAHKU --

  • Kata Mutiara

    Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini - Malcolm-X
  • PPDB 2015July 2nd, 2015
    Penerimaan Peserta Didik Baru 2015 (2-8 Juli 2015)
  • Postingan Baru

  • Stop Pornografi

  • Arsip Tulisan

  • Follow Tweeter

DEMAM FACEBOOK, Gimana Ya?

Facebook adalah situs gratis jejaring sosial pertemanan paling digandrungi oleh banyak orang saat ini, termasuk kalian para siswa juga kan?! Mulai perkotaan sampai desa sekalipun banyak orang demam facebook. Jaringan facebook sangat luas berkembang sampai kesudut-sudut penjuru dunia, segala kemungkinan yang menyangkut hubungan antar sesama manusia bisa terjadi di jaringan ini mulai dari pertemanan, hubungan kerja, cari ilmu, cari informasi, sebagai sarana marketing, sampai hal-hal yang buruk pun dapat terjadi.

Baru-baru ini kita sering dengar kabar di TV bahwa adanya penipuan, penculikan yang awalnya pertemanan terjadi di facebook, Yang parah lagi terjadinya penjualan manusia ato praktek prostitusi yang terjadi di facebook (Nah itu jg terjadi di Surabaya, Bahaya kan?!)

Jadi Dampak negatif ato positif adalah tergantung pengguna facebook itu sendiri, kewaspadaan harus diterapkan dan bagi saya kewaspadaan adalah unsur mutlak pengguna internet untuk menghindari hal-hal yang merugikan.

Nah, nih ada tips aman berfacebook ria:

  1. 1. Gunakan facebook dengan jangka waktu tertentu

Jadi tidak setiap hari kita menggunakan facebook, gunakanlah pada saat-saat santai untuk mengusir kebosanan (rasa Booring) ato kepenatan pada saat-saat santai seperti hari minggu ato hari-hari libur.

  1. 2. Tulislah status dan comment-mu, upload foto ato yang lainnya dengan sopan dan etika yang baik.

Menulis status ato comment harus yang baik dan sopan, jangan sampe mengandung kata-kata kotor, provokatif negatif (mengandung unsur romantisme negatif, menjurus seks, dsb), contoh: „ Andai kau disisiku, memelukku, memberi kehangatan, pasti aku kan bahagia sekali…“. Pokoknya yg baik lah ya…

  1. 3. Hanya Meng-Add orang-orang yang kita sudah kenal

Untuk mengefisiensikan ato memaksimalkan dampak positif dan jalinan pertemanan pilihlah teman yang benar-benar anda kenal, tau alamat orang tersebut dan latar belakang orang tersebut.

  1. 4. Hati-hati terhadap ajakan untuk ikuti grup-grup ato aplikasi iseng.

Jangan sampai anda join group yang ngga jelas tujuannya, apalagi join                                                  grup pornografi, awas bisa fatal nanti…

  1. 5. Berhati-hatilah bila teman yg belum anda kenal mengajak untuk copy                                                        darat ato janjian ketemu.

Kudu waspada benar tuh! Namun jika benar2 mau ketemu, usahakan                                                       keluarga ato teman anda mendampingi anda, pilihlah lokasi yang                                                                             benar-benar anda tau dan hafal.

  1. 6. Selektiflah dalam mencari teman dalam facebook

Jangan sembarangan melihat ato meng-Add teman di facebook, terlebih dahulu lihat profilnya ato setidaknya orang tersebut pernah anda kenal ato teman anda sudah mengenalnya dengan baik, jangan asal Add bila liat orangnya cakep (hati-hati tertipu).

  1. 7. Jangan mudah percaya pada photo, alamat ato identitas orang asing yang masuk ke alamat anda.

Karena dari data survey yang dilakukan hampir sekitar 70% pengguna facebook mencantumkan data fiktif (bohong) mengenai profil mereka.

  1. 8. Yang paling penting Tingkatkan IMTAQ (Iman and Taqwa) anda pada Allah.

Karena hanya inilah yang bisa menolong anda apabila anda dalam bahaya dikemudian hari. Untuk itulah bagi anak-anakku Siswa-siswi MTsN Surabaya 1, tetap jaga akhlaq kita dalam hal apapun termasuk ketika online di dunia maya.

 

Mr. Fu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

setia1heri.com

Wis pokok e nulis Gan... :-D

catatan_pena

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya

Eduventor

Invent, Innovate, & Improve

Mymind

Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung

An-Nisaa`

Mencari Jejak Hujan Pada Episode Senja, Menjingga...

A

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....

oRiDo™ On wORds

jadikan blOg sebagai waRisan untuk anak-cucu :)

Lorong Edukasi

Be Inspirative Teacher

e-Newsletter Disdik

LEMBARAN BERITA DAN DISTRIBUSI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN

GURU HAUS ILMU

BLOG GURU INDONESIA

%d bloggers like this: